Visi Misi dan Tujuan

Visi Keilmuan
Menghasilkan pendidik sekolah dasar yang unggul dalam menerapkan kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter berlandaskan nilai moralitas, intelektualitas, dan berjiwa entrepreneur berbasis perkembangan IPTEKS.


Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan sebagai pendidik sekolah dasar yang unggul dalam menerapkan kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter berlandaskan nilai moralitas, intelektualitas, dan berjiwa entrepreneur berbasis perkembangan IPTEKS.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan sekolah dasar yang unggul dalam menerapkan kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter berlandaskan nilai moralitas, intelektualitas, dan berjiwa entrepreneur berbasis perkembangan IPTEKS.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan sekolah dasar yang unggul dalam menerapkan kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter berlandaskan nilai moralitas, intelektualitas, dan berjiwa entrepreneur berbasis perkembangan IPTEKS
TujuanStrategi 
1
  1. Peningkatan mutu lulusan PGSD FKIP UMSurabaya yang beriman dan berakhlak melalui integrasi pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Pengembangan metode dan proses pembelajaran di Prodi PGSD FKIP UMSurabaya dengan pendekatan SCL, penggunaan Kurikulum berorientasi OBE berbasis KKNI dan SN-Dikti serta mendukung implementasi MBKM.
  3. Peningkatan kompetensi lulusan Prodi PGSD FKIP UMSurabaya dalam bahasa Inggris atau bahasa asing, kompetensi lainya melalui program sertifikasi kompetensi serta pemanfaatan teknologi informasi, melalui berbagai pelatihan
  4. Peningkatan dan penyempurnaan sistem penjaminan mutu kurikulum, pembelajaran, layanan mahasiswa, dan suasana akademik di Prodi PGSD FKIP UMSurabaya secara berkelanjutan untuk memenuhi dan melampaui standar mutu pendidikan dengan berbagai kebijakan akademik yang berorientasi pada perguruan tinggi kelas dunia.
  5. Penyelenggaraan mata kuliah untuk meningkatkan kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter berbasis perkembangan IPTEKS.
  6. Menyelenggarakan kuliah pakar dan kuliah tamu dengan menghadirkan dosen tamu ahli dan praktisi.
  7. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
  8. Peningkatan program integrasi penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran.
  9. Pengembangan program peningkatan bakat, minat, softskill, penalaran, kewirausahaan dan inovasi mahasiswa
  10. Peningkatan standar nilai penerimaan mahasiswa Prodi PGSD FKIP UMSurabaya dan pengembangan sistem penerimaan mahasiswa baru, serta perluasan sistem promosi mahasiswa dengan kebijakan perekrutan mahasiswa bermutu.
  11. Peningkatan pencapaian prestasi mahasiswa Prodi PGSD FKIP UMSurabaya dibidang akademik maupun non akademik pada tingkat provinsi/ wilayah, nasional, dan internasional, melalui sistem pembinaan/coaching secara intensif.
  12. Peningkatan program penciptaan suasana akademik dan budaya akademik FKIP UMSurabaya untuk memenuhi dan melampaui standar mutu kemahasiswaan
  13. Peningkatan jiwa entrepreneur melalui program pengembangan entrepreneurship pada civitas akademika dan pengembangan unit usaha baru Prodi PGSD FKIP UMSurabaya di kalangan mahasiswa.
  14. Pengelolaan unit usaha Prodi PGSD FKIP UMSurabaya yang dibentuk secara profesional yang dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

2
  1. Peningkatan mutu penelitian dan publikasi ilmiah Prodi PGSD FKIP UMSurabaya di bidang pendidikan sekolah dasar yang unggul dalam menerapkan kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter berlandaskan nilai moralitas, intelektualitas, dan berjiwa entrepreneur berbasis perkembangan IPTEKS sesuai dengan kompetensi tim penelitian.
  2. Pengembangan tim penelitian dalam penguasaan kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter di bidang pendidikan dasar dengan berbagai metode, misalnya: mendatangkan pakar, studi banding, FGD, dan lain-lain.
  3. Percepatan   pertumbuhan   penelitian   multidisiplin  dalam   cluster   dan peningkatan  perlindungan  hak  kekayaan  intelektual  dengan  kebijakan meningkatkan keterlibatan peneliti.
  4. Pengembangan joint program dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang bermutu, Asosiasi Himpunan PGSD, melalui kebijakan penjajahan pada semua program studi dengan memfasilitasi, memonitor, mengevaluasi, dan mengarahkan
3
  1. Peningkatan mutu pengabdian masyarakat di Prodi PGSD FKIP UMSurabaya difokuskan pada upaya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat dengan meningkatkan kepedulian dan pemberdayaan masyarakat dengan berbasis riset dan inovasi..
  2. Peningkatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan sekolah dasar yang unggul dalam menerapkan kompetensi literasi, numerasi dan pendidikan karakter berlandaskan nilai moralitas, intelektualitas, dan berjiwa entrepreneur sesuai dengan kompetensi tim pengabdian kepada masyarakat.
  3. Pengembangan joint program dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang bermutu, Asosiasi Himpunan PGSD, melalui kebijakan penjajahan pada semua program studi dengan memfasilitasi, memonitor, mengevaluasi, dan mengarahkan


Kuesioner Visi Keilmuan Tujuan dan Strategi Prodi PGSD